Planet Tata Surya

Standard

Di alam semesta ini, terbagi atas beberapa galaksi. kini, galaksi yang kita tempati adalah galaksi Bima Sakti. dalam Galaksi Bimasakti, terdapat sebuah sistem tata surya yang berpusat pada sebuah bintang raksasa yang disebut matahari. di sekeliling matahari, terdapat 8 planet yang siap mengelilingi matahari tanpa henti. planet adalah benda langit yang mengelilingi matahari dengan lintasan tertentu (orbit). dan kini, aku akan menyebutkan planet-planet tersebut mulai dari yang terdekat dengan matahari:

  1. Merkurius
    Merkurius mempunyai diameter 4.862 km dan merupakan planet terkecil. jarak antara Merkurius dengan matahari adalah sekitar 58.000.000 km. waktu yang diperlukan Merkurius untuk sekali putar mengelilingi matahari (berevolusi) adalah 88 hari. karena letaknya yang berdekatan dengan matahari, maka pada permukaan planet ini banyak terdapat kawah-kawah yang besar seperti permukaan bulan. Merkurius terlihat paling terang jika dilihat dari bumi. kadang pula menampakkan diri sebagai titik kecil pada saat matahari terbenam atau pada saat fajar menyingsing. karena itu, banyak orang menyebutnya Bintang Senja atau Bintang Pagi.
  2. Venus
    planet ini terletak di antara orbit Merkurius dan orbit Bumi. planet Venus mempunyai garis tengah sekitar 12.100 km. jarak Venus dengan matahari kira-kira 108.000.000 km, dan waktu yang diperlukan untuk mengelilingi matahari selama 225 hari. permukaan Venus sangat kering, karena suhu permukaannya dapat mencapai 480 derajat Celcius. Venus merupakan planet putih yang bercahaya terang, nampak indah, dan cemerlang. planet ini nampak menjelang matahari terbit atau beberapa saat setelah matahari terbenam. maka ia juga sering mandapat julukan Bintang Fajar atau Bintang Timur atau Bintang Kejora.
  3. Bumi
    bumi merupakan satu-satunya planet di tata surya yang bisa ditempati oleh makhluk hidup. permukaannya terdiri dari lautan dan daratan. dari ruang angkasa, permukaan bumi dapat dikenali karena berwarna hijau kebiru-biruan. bumi bentuknya bulat dan bergaris tengah 12.750 km. jarak bumi dengan matahari kurang lebih  150.000.000 km, dan sekitar 2/3 luas permukaan bumi tertutup oleh lautan. bumi memiliki lapisan udara atau atmosfer. kandungan atmosfer terdiri dari gas, yaitu oksigen (zat asam) dan nitrogen (zat lemas). jenis gas lain tidak begitu besar volumenya. atmosfer berguna untuk melindungi bumi dari sinar radiasi matahari yang membahayakan benda-benda langit yang tertarikoleh gaya gravitasi bumi. dengan adanya lapisan atmosfer, suhu di bumi pada siang hari tidak terlalu panas, dan pada malam hari tidak terlalu dingin. bumi mempunyai satu satelit alami yaitu bulan.
  4. Mars
    planet ini tampak kemerah-merahan. keadaan mars memiliki beberapa kemiripan dengan keadaan di bumi. sampai saat ini manusia masih terus menyelidiki apakah di Mars terdapat kehidupan. planet mars mempunyai garis tengah sekitar 6.780 km. jaraknya dengan matahari kira-kira 228.000.000 km. waktu yang digunakan mars untuk sekali mengelilingi matahari adalah selama 687 hari. seperti halnya Venus, permukaan mars juga kering. mars memounyai lapisan atmosfer yang tipis. di antara mars dan yupiter, terdapat kumpulan benda langit kecil yang disebut asteroid atau planetoid. suhu mars tidak terlalu tinggi, pada siang hari 30 derajat celcius dan pada malam hari 70 derajat celcius. mars mempunyai 2 satelit, yaitu demos dan fobos.
  5. Yupiter
    yupiter merupakan planet terbesar dalam tata surya. garis tengahnya kira-kira 143.000 km atau sekitar 11 kali diameter bumi. jarak yupiter dengan matahari sekitar 778.000.000 km. yupiter memerlukan waktu selama 12 tahun untuk sekali edar mengelilingi matahari. atmosfer yupiter banyak mengandung gas hidrogen dan helium. permukaan yupiter dan atmosfernya mempunyai batas yang kurang jelas, sehingga yupiter menyerupai bola gas yang sangat besar. yupiter memiliki 16 satelit.
  6. Saturnus
    saturnus termasuk planet terbesar kedua setelah yupiter. saturnus mempunyai keistimewaan, yaitu planet ini dikelilingi suatu sistem cincin raksasa, yang terdiri dari debu dan partikel-partikel kecil. garis tengah saturnus sekitar 120.000 km. jarak saturnus dengan matahari kira-kira 1.428.000.000 km. waktu yang diperlukan untuk sekali mengelilingi matahari yaitu 29,5 tahun. saturnus mempunyai sekitar 21 satelit. titan merupakan satelit terbesarnya. suhu permukaan saturnus mencapai -145 derajat celcius.
  7. Uranus
    uranus mempunyai garis tengah sekitar 50.100 km. jarak uranus dengan matahari kira-kira 2.869.000.000 km. uranus mengelilingi matahari sekali edar membutuhkan waktu 84 tahun. permukaan uranus selalu diliputi awan tebal. suhu permukaan planet tersebut mencapai -180 derajat celcius. uranus memiliki lima buah satelit.
  8. Neptunus
    jika dilihat menggunakan teleskop, Neptunus tampak berwarna kehijau-hijauan. garis tengah planet ini sekitar 48.600 km. jarak neptunus dengan matahari kira-kira 4.495.000.000 km, suhu permukaan neptunus lebih dingin daripada uranus, yaitu sekitar -190 derajat celcius. untuk sekali edar mengelilingi matahari, neptunus membutuhkan waktu 165 tahun. keadaan neptunus belum banyak diketahui. neptunus mempunyai 2 satelit, yaitu triton dan nereid.

berdasarkan ukuran planet itu, dapat dilihat perbandingannya:



About Irene Rifdah

Saya adalah seorang manusia biasa yang menjalankan kehidupan normal biasa dan saat ini sedang mengenyam pendidikan di SMAN 3 Malang. Terima kasih telah mengunjungi blog sederhana ini. Semoga bermanfaat.

2 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s