Plasma, Wujud Zat Keempat?

Standard

saat ini, aku lagi break belajar buat UAS besok. mumpung lagi nganggur, akhirnya aku mutusin buat ngeblog aja😀. kali ini aku akan membahas tentang ilmu pengetahuan alam, yaitu wujud zat. mungkin saat di bangku sekolah, kita hanya mengenal 3 macam wujud zat, yaitu padat, cair, dan gas. namun siapa sangka, bahwa ada wujud zat keempat yang dikenal dengan plasma. kini aku akan membahas tentang misteri wujud zat keempat ini.

Plasma adalah gas yang terionisasi, artinya gas tersebut sudah kehilangan elektron-elektronnya. Kita tahu bahwa sebuah unsur terdiri atas elektron dan nukleus (yang terdiri atas proton dan neutron). Dalam zat padat, atom2 terikat satu sama lain membentuk molekul, yang masing-masing terikat dalam suatu ikatan kimia yang kuat. Pada zat padat, molekul-molekul terikat dalam ikatan kimia lemah, dan dalam gas, molekul-molekul terpisah satu sama lain tanpa adanya ikatan kimia.

Nah dalam plasma, unsur-unsur tersebut tidak lagi bersatu membentuk molekul, dan unsur-unsur tersebut kehilangan elektron-elektronnya. Jadi dalam plasma, yang ada adalah sebuah “sup” yang terdiri atas nukleus dan elektron.

Karena plasma memiliki banyak elektron bebas, maka plasma dapat menjadi konduktor yang baik sekali. Contoh plasma adalah lampu neon atau display komputer.

Dilihat dari skemanya adalah
padat (dipanaskan) –> cair (dipanaskan) –> gas (dipanaskan) –> plasma
jadi plasma tidak masuk dalam padat/cair/gas, karena itu plasma dianggap sebagai wujud ke empat

Dan ketika ada pertanyaan apa perbedaan plasma dengan api? maka api itu perubahan dari gas ke plasma, karena kalau plasma adalah gas yang terionisasi dengan sempurna tetapi api masih terionisasi sebagian. dan bukti bahwa plasma adalah gas yang terionisasi yaitu plasma dapat dikendalikan dengan medan magnet dan medan listrik. seperti pada ARC reactor, ITER reactor, dan reaktor-reaktor fusi yang lain. Maka pantaslah plasma merupakan wujud zat keempat selain padat, cair, dan, gas.

mungkin cukup sekian dulu pembahasanku tentang plasma, semoga bermanfaat😀 ^_^

About Irene Rifdah

Saya adalah seorang manusia biasa yang menjalankan kehidupan normal biasa dan saat ini sedang mengenyam pendidikan di SMAN 3 Malang. Terima kasih telah mengunjungi blog sederhana ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s