NASA Segera Luncurkan Satelit Mini Berbasis Android

Standard

NASA (National Aeronautics and Space Administration) akan meluncurkan satelit mini berbasis OS (Operating System) Android yang memang dipersiapkan untuk program PhoneSat. Sebagai otak komputer dari program ini, NASA memakai handphone Nexus pada satelit tersebut. satelit ini terbilang mini karena memang ukurannya yang kecil, yaitu 10 centimeter kubik. pembuatan satelit ini menghabisakan biaya sejumlah US$ 3.500

NASA juga telah membagi satelis ini menjadi dua versi, yaitu PhoneSat 1.0 yang menggunakan handphone Nexus One dan PhoneSat 2.0 yang memakai hanphone Nexus S.

PhoneSat 1.0 memiliki prosesor 1 GigaHertz yang menjadi komputer utama. Sensor orientasi yang biasanya menggunakan giroskop kini berganti dengan akselerometer yang terpasang di dalam ponsel. Kamera 5 Megapixel pada ponsel diandalkan untuk memantau permukaan bumi sekaligus mengirimkan citra ke pusat kendali. Tujuan utama satelit PhoneSat 1.0 adalah untuk uji daya tahan satelit.

Sedangkan PhoneSat 2.0 dipasangi radio komunikasi yang bekerja dua arah pada frekuensi S-band. Tambahan radio ini membuat insinyur di pusat kendali bisa mengarahkan satelit dari bumi. Satelit generasi kedua ini juga dilengkapi panel surya yang memungkinkan peralatan bekerja dalam waktu lama. Pemantauan posisi juga bisa dilakukan karena satelit dilengkapi penerima sinyal GPS. Orientasi satelit di angkasa dikoreksi melalui kumparan khusus yang memantau medan magnet bumi. Satelit PhoneSat 2.0 ini juga diharapkan menjadi batu pijakan pembangunan wahana angkasa murah dan kecil di masa depan. Misi satelit ini tak main-main, yaitu memantau aktivitas matahari melalui jaringan sensor yang disebar pada banyak satelit nano (sebutan untuk satelit berukuran kecil).

Misi yang melibatkan jaringan satelit nano akan dilakukan pada 2013 nanti. Jaringan satelit ini bisa mengubah pandangan peneliti yang selama ini menganggap pemantauan matahari dari angkasa membutuhkan biaya besar. Ponsel pintar yang ditanam pada wahana angkasa juga diharapkan bisa memuluskan misi penjelajahan bulan, asteroid, dan planet lain di masa depan. Sebagai langkah awal, NASA siap meluncurkan dua PhoneSat 1.0 dan satu PhoneSat 2.0 akhir tahun nanti. Satelit akan ditumpangkan pada roket Antares lalu dilepaskan pada ketinggian beberapa ratus kilometer.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s