Tiga Teknik Pembuatan Logam pada Masa Kebudayaan Dongson

Standard

Postinganku kali ini akan membahas tentang sejarah, yaitu tiga teknik pembuatan logam pada masa kebudayaan Dongson

  1. Teknik Bivalve (cetak setangkup)
    Dalam teknik ini digunakan cetakan batu atau tanah liat sebagai medianya yang terdiri dari dua bagian, kedua bagian cetakan terlebih dahulu disesuaikan dengan benda yang akan dibuat. Kedua bagian itu ditangkupkan menjadi satu yang menyisakan lubang sebelum logam dituang. Satu lubang untuk tempat menuang logam sedangkan lubang yang lainnya untuk jalan udara yang keluar dari cetakan saat logam dituangkan. Setelah dingin maka cairan logam tersebut akan mengeras dan membeku.
  2. Teknik a cire perdue (teknik cetak lilin hilang)
    Pertama-tama yang dilakukan adalah membuat model dari lilin terlebih dahulu sebelum benda itu dicetak, kemudian model lilin ini dibungkus dengan tanah liat dan dibakar. Lilin akan mencair keluar melalui lubang yang sudah dibuat, sedangkan tanah akan mengeras. Cetakan tanah liat yang berongga ini kemudian dituangkan cairan logam. Setelah dingin, cetakan dipecah untuk mengeluarkan benda logamnya. Cetakan ini hanya dapat digunakan sekali saja. Pada cetakan dengan menggunakan teknik ini mempunyai cacat akibat tidak rapatnya saat penutupan cetakan itu.
  3. Cetakan rakitan
    Pada prinsipnya, teknik dalam pembuatan rakitan sama dengan cetakan setangkup, tetapi cetakan ini mempunyai bagian yang terpisah-pisah. Sebelum digunakan, cetakan ini dirakit terlebih dahulu, teknik ini biasanya digunakan untuk mencetak bejana-bejana perunggu yang berukuran besar.

About Irene Rifdah

Saya adalah seorang manusia biasa yang menjalankan kehidupan normal biasa dan saat ini sedang mengenyam pendidikan di SMAN 3 Malang. Terima kasih telah mengunjungi blog sederhana ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s